Full width home advertisement

Air Terjun

Travel the world

Post Page Advertisement [Top]

Graha Maria Annai Velangkanni ; Rumah Ibadah Dengan Arsitektur Unik di Kota Medan

Graha Maria Annai Velangkanni ; Rumah Ibadah  Dengan Arsitektur Unik di Kota Medan
Graha Maria Annai Velangkanni didedikasikan kepada Bunda Maria, yang di kenal di India sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha. Graha berarti rumah atau tempat suci atau kuil dalam bahasa Sanskrit. Meskipun menggunakan kata Graha yang berarti rumah suci atau kuil, namun bangunan ini lebih dikhususkan pemanfaatannya sebagai Gereja.

Mengapa Annai Velangkanni ?
Komunitas Katolik Tamil di Medan memiliki pengabdian dan kehormatan yang mendalam untuk Bunda Maria . Terlepas dari kepercayaan agama mereka, orang Tamil berdatangan ke gereja-gereja yang dipersembahkan untuk Bunda Maria, dan sebenarnya di antara orang-orang Tamil, gereja Katolik selalu dikenal sebagai ‘Matha Koil’ yang berarti gereja Bunda Maria.

Rumah ibadah dengan arsitektur yang cukup unik ini dibangun pada tahun 2005 atau sekitar 13 tahunan yang silam jika mengacu pada saat artikel ini dibuat yakni Desember 2018. Untuk lebih detailnya bahwa Gaha Maria Annai Velangkanni ini di bangun selama 4 tahun yakni dari tahun 2001 hingga selesai pada tahun 2005, kemudian di resmikan penggunaannya pada tanggal 1 Oktober 2005 oleh Mgr. Anicetus Antonius Sinaga OFMCap.

Keunikan struktur bangunan yang sangat megah ini terlihat dari keaslian campuran arsitektur Indo - Mughal. Beberapa simbol kepercayaan tampak menghiasi bangunan, akan tetapi hal ini menambah keselarasan struktur tempat ibadah ini dan membentuk persatuan yang cukup indah.

Keunikan akan arsitektur bangunan rumah ibadah ini, mengilhami para pecinta wisata untuk datang mengunjungi tempat ini untuk sekedar berfoto/mengambil gambar dengan background bangunan unik yang menjulang tinggi.

Pengurus komplek rumah ibadah ini mengizinkan siapa saja untuk berkunjung meskipun mereka yang bukan beragama Katolik, mereka di izinkan untuk berfoto dihalaman rumah ibadah ini. Sebagaimana tempat-tempat ibadah yang lain, bahwa semua wisatawan yang datang diharapkan mematuhi etika berkunjung ke tempat ibadah, diantaranya; menggunakan pakaian yang sopan, tidak boleh bersuara keras atau teriak-teriak, tidak boleh berfoto sambil melompat, harus menjaga kebersihan alias dilarang buang sampah sembarangan, dan etika-etika lain yang menjadi ketentuan dari rumah ibadah itu sendiri.
Bersumber dari berbagai informasi mengenai keunikan dan keindahan bangunan rumah ibadah ini, penulis juga tidak mau ketinggalan, meskipun sebenarnya rencana mengunjungi tempat ini sudah dari beberapa tahun yg lalu, namun baru tahun ini kesampaian.

Berawal dari pembicaraan di acara kopdar komunitas, rencana untuk Around The City alias City Tour pun dimulai.

Jam berkunjung :
Setiap hari – 07.00 hingga 20.00 WIB

Fasilitas yang ada :
  • Lapangan Parkir Yang luas
  • Kamar Mandi / Toilet
  • Air bersih yang bisa langsung diminum
  • Ruang Penginapan bagi para Peziarah/pengunjung luar kota.
  • Toko souvenir
  • Kantin

Alamat Graha Maria Annai Velangkanni :
Taman sakura Indah
Jl. Sakura III, No. 7
Tanjung Selamat,
Medan - Sumatera Utara
20134

Informasi dan Data :
  1. Website resmi Graha Maria Annai Velangkanni
  2. Petugas Informasi Graha Maria Annai Velangkanni
  3. Kunjungan Langsung Penulis
  4. Artikel-artikel yang terkait dengan Graha Maria Annai Velangkanni
Artikel di tulis oleh : Kenzie Yudhistira ( Founder of bolehwisata.com )
Instagram : @kenzie_yds
Special Thanks for My Travelmate ;
  • Jenatan Sianipar
  • Vean Tristan
  • Gempur Pranata
  • Asmuni Situmorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca artikel ini, silahkan tulis komentar kamu dengan bahasa yang baik dan sopan.

Bottom Ad [Post Page]