Full width home advertisement

Air Terjun

Travel the world

Post Page Advertisement [Top]

" SAPO JUMA TONGGING" Taman Bunga Kekinian, Spot Paling di Buru Para Selebgram

" SAPO JUMA  TONGGING" Taman Bunga Kekinian, Spot Paling di Buru Para Selebgram

SAPO JUMA - Tongging
Tempat wisata yang lagi viral ini menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan andalan Sumatera Utara, khususnya Desa Tongging yang berada di kecamatan Merek kabupaten Karo.

Tempat ini menjadi sangat terkenal dikalangan media sosial, terutama Instagram. Para selebgram tidak mau ketinggalan untuk mengupload photo dan video mereka di akun Instagramnya. Tentu saja, Sapo Juma yang terkenal akan taman yang memiliki berbagai jenis bunga yang indah juga terbantu akan topografi tanah yang berbukit dan bergelombang menjadikannya hamparan bunga-bunga terlihat eksotis, pemandangan danau toba  di sisi sebelahnya menambah nilai plus bagi tempat wisata ini.
Taman Sapo Juma, Suasana dipagi hari, masih tertutup oleh kabut
Taman Sapo Juma, Suasana dipagi hari, masih tertutup oleh kabut

Ada beberapa hal  yang perlu kamu tahu jika ingin mengunjungi taman bunga Sapo Juma, berikut ini penjelasannya :

Tentukan Waktu Yang Tepat
Sebagian besar orang akan membuat schedule perjalanan wisatanya pada musim liburan ataupun di hari minggu sebagai pilihan utama, namun jika kamu ingin berkunjung ke taman bunga Sapo Juma, sebaiknya hindari hari-hari libur, berikut alasannya ;
  1. Pada hari-hari libur, pengunjung akan sangat banyak yang datang, sehingga kamu tidak akan bisa mendapatkan background foto yang bersih dari orang-orang yang berseliweran di belakang kamu, kecuali jika kamu memang tidak mempermasalahkannya.
  2. Datanglah di hari biasa dan lebih awal alias pagi-pagi sekali, jika perlu kamu adalah orang pertama yang datang kesana, selain menghindari masalah diatas, kamu akan melihat pemandangan perbukitan dan pepohonan di selimuti kabut, kamu bisa mengambil gambar dengan background bukit berkabut. Indah bukan ?
  3. Keuntungan datang lebih awal adalah, bunga-bunga yang ada ditaman sedang segar-segarnya, kamu tidak ingin melihat ada bunga yang mulai melayukan ?. Bagi para penghobi Fotografi tentu tau bahwa pencahayaan dipagi hari adalah waku yg bagus untuk mengambil gambar sebelum terganggu oleh sinar matahari yang terik.
  4. Keuntungan lainnya jika kamu datang dihari biasa dan lebih awal adalah kamu bebas memilih tempat parkir kendaraanmu. Mengapa ? Karena pada hari libur sepanjang jalan didepan taman akan penuh dengan kendaran, bisa jadi kendaraanmu akan parkir di deretan yang paling jauh, tapi bagi kamu yang suka dengan berjalan kaki hal ini tidak akan menjadi persoalan, hitung-hitung biar sehat.
Tentukan Corak dan Warna Pakaianmu.
Sedikit remeh sih jika pakaian juga dipersoalkan, namun hal ini sangat mempengaruhi akan hasil gambar yang akan kamu ambil. Sebagaimana yang sudah diketahui bawah taman bunga tentunya memiliki berbagai jenis bunga dengan warna-warna yang berbeda pula.
Pemandangan Taman Bunga Sapo Juma
Bunga-bunga yang sedang mekar di pagi hari, terasa elok dipandang mata

Jika kamu menggunaka pakaian dengan corak yang juga penuh warna tentunya kamu tidak akan terlihat kontras dengan backgroundmu, bisa jadi malah kamu yang dikira bunga. nggak mau kan ?
Sebaiknya pakailah pakaian bercorak lebih minimalis atau polos agar kamu terlihat lebih kontras dengan backgound.

Sapo Juma  tidak hanya satu Spot.
Ternyata Sapo Juma tidak hanya memiliki satu spot, tapi ada dua spot yang berbeda. Yang pertama adalah Sapo Juma dengan pemandangan utaman taman bunga yang terletak di sisi kanan jalan.

Jika kamu berjalan lebih jauh sedikit di jalan yang sama,  kamu akan menjumpai Sapo Juma Homestay disisi kiri jalan. Disini pemandangan utamanya adalah danau toba, kamu bisa duduk ditaman dibawah pohon pinus sambil menikmati keindahan danau toba dari ketinggian.

Dibandingkan dengan taman bunga sebelumnya, Sapo Juma Homestay ini sudah lebih dulu ada, jika kamu merasa betah dan ingin menikmati malam di Sapo Juma, kamu bisa menyewa kamar disana.

Nikmati Tempat wisata menarik yang lain di sekitaran Sapo Juma.
Jika kamu sudah puas dengan taman Sapo Juma, ada baiknya jangan langsung pulang, manfaatkan waktu jalan-jalanmu sebaik mungkin.

Air Terjun Sipiso-piso adalah tempat terdekatmu untuk destinasi selanjutnya.
Mungkin kamu tidak tahu, ketika kamu akan menuju Sapo Juma tadi, tentu kamu melalu Gerbang Retribusi Wisata, nah di ingat-ingat ya, dari gerbang itu ada jalan yang menuju kekiri, yang itu adalah jalan  menuju ke desa Tongging, kan kamu lurus ajakan ? terus kamu ketemu simpang jalan arah ke kanan dan berbatuan  alias belum diaspal menuju Sapo Juma yang kamu lewati itu.

Apa kamu  tidak penasaran kearah mana sebenarnya jalan yang lurusnya itu ?, Nah jadi, jika kamu keluar dari Sapo Juma ketemu jalan beraspal  kamu jangan kekiri mengarah gerbang retribusi lagi, tetapi berbeloklah kekanan dan ikuti jalan itu, ujungnya adalah tempat wisata Air Terjun Sipiso-piso. Silahkan berwisatalah kesana agar perjalananmu juga penuh warna-warni.

Jangan lewatkan " Kebun Jeruk Petik Sendiri "
Sudah puas dengan perjalananmu? Yuk saatnya  menikmati Jeruk Manis hasil petikan sendiri di kebun.

Kalo biasanya kamu beli jeruk dipasar buah, sekarang saatnya kamu memuaskan diri dengan hasil petikan tanganmu sendiri.

Sepanjang perjalanan pulang menuju berastagi atau medan, tepatnya di kawasan Tiga Panah, kamu akan menjumpai para petani Jeruk menjajakan hasil kebunnya di pinggir jalan, jika kamu terburu-buru ingin cepat sampai di rumah, namun ingin membawa buah jeruk sebagai oleh-oleh, kamu bisa langsung membelinya di pedagang jeruk pinggir jalan. Selain harganya lebih murah kamu juga masih bisa menawarnya.

Tapi jika kamu punya waktu, maka sempatkanlah mampir ke kebun jeruknya langsung, disana kamu bisa sepuasnya makan jeruk sambil memilih jeruk terbaik dan termanis yang akan kamu jadikan oleh-oleh. Untuk memasuki kebun jeruk kamu akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 10.000 an saja per orang, dan kamu akan membayar lagi untuk jeruk yang akan kamu bawa pulang. Tapi kamu tidak akan merasa rugi, karena dengan 10ribuan kamu bisa makan jeruk sepuasnya didalam kebun . Asik bukan ?


Nah itulah semua hal-hal yang perlu kamu tahu, ketika kamu mau ke Taman Bunga Sapo Juma. Sekarang tentunya kamu sudah pahamkan apa-apa yang akan kamu persiapkan.

Berikut ini adalah Tips dan Cara menuju Sapo Juma ;

Jika kamu dari Medan,  pergilah kearah Berastagi, terus kearah  Kaban jahe, sebelum pusat kota Kaban Jahe akan ketemu pertigaan bundaran, ambil jalan yang kekiri yang mengarah  Merek yaitu  Jalan Besar Kabanjahe - Merek,  ikuti jalan besar itu sampai kamu ketemu simpang  Merek ( nama kecamatan), jadikan simpang merek ini sebagai Patokan ya. Jika ketemu simpang ini kamu terus saja,  jangan berbelok kekanan, karena itu tujuannya Sidikalang.

Tidak Jauh dari Simpang Merek ini, kamu akan ketemu simpang tiga lagi arah kekanan (simpang 3 ke-2 dari simpang Merek) , ada gerbang berplang Wisata Air terjun Sipiso-piso, nah berbeloklah kekanan dan ikut jalan itu. Sampai Ketemu Gerbang Retribusi Wisata.

Setelah Anda membayar retribusi, beberapa meter dari gerbang itu akan ada simpang tiga kekanan, jalan berbatu ( belum diaspal), nah ikuti terus jalan itu, maka kamu akan sampai ke Sapo Juma.

Jika Masih Bingung, manfaatkan GPS di Smarphone kamu, atau manfaatkan GPS manual alias Gunakan Penduduk Setempat.

Tipsnya :
  1. Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, sebaiknya kendaraan dalam keadaan prima, cek tekanan ban, dan kecukupan bahan bakar. jika memungkinkan  bawa perlengkapan tambal ban sendiri, karena sepanjang perjalanan sangat jarang bengkel / tambal ban. Apa lagi Jalan berbatuan menuju sapo juma cukup tajam dan jalan tidak rata alias naik turun  jadi berhati-hatilah.
  2. Jika Menggunakan roda empat, sebaiknya jangan mobil sedan atau sejenisnya, karena jalan menuju sapo juma tidak rata, berbatu dan banyak lubang  dikhwatirkan bagian bawah mobil akan tersangkut, nanti malah jadi repot. sekurangnya mobil sejenis Avanza  keatas lebih aman.


Baca juga artikel berikut :
Info Lain ;
Lama Perjalanan Medan - Sapo Juma  sekitar 3 - 4 jam tergantung kecepatan.
Biaya Masuk di Gerbang Retribusi Wisata Rp. 4000.- per orang
Biaya Masuk Taman Sapo Juma Rp. 10.000.- per orang termasuk parkir

Lokasi  Taman Bungan SAPO JUMA :
Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara
kode Pos 22173

Sapo Juma Homestay
No Phone : 0852-7662-4993

Peta Perjalanan ke Sapo Juma :




Artikel di tulis oleh : Kenzie - IG : @kenzie_yds
Mau lihat Daftar Semua Artikel Blog ? Klik DISINI

2 komentar:

  1. Info yg keren.. Pemandangannya keren.. Sapo juma emang selalu rame, kalo datangnya siang-siang taman udah penuh orang

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca artikel ini, silahkan tulis komentar kamu dengan bahasa yang baik dan sopan.

Bottom Ad [Post Page]